Tulisan


Berawal dari kebiasaan di lingkungan pekerjaan, yang tadinya tidak begitu peduli, namun sekarang cukup menjadi peduli. Tulisan, sejak berada di lingkungan pekerjaan inilah, aku mulai memperhatikan sebuah tulisan. Mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu penting, tapi kalau tidak diperhatikan mulai dari sekarang, mau kapan lagi?

Aku suka memperhatikan tulisan, baik dalam bentuk ketikan di komputer, mesin tik (agak jadul memang), bahkan dalam bentuk SMS. Mungkin karena tuntutan pekerjaan, yang membuatku terbiasa dengan tulisan seperti ini, yang pada intinya terdapat unsur kerapihan penulisan didalamnya. Contoh tanda spasi selalu digunakan disetiap tanda baca ( . , : ; ! ? ) dan juga penggunaan yang tepat huruf besar kecilnya. Banyak dijumpai tulisan yang tidak beraturan, terutama di SMS. Mungkin karena namanya SMS (Short Message Service), orang berusaha sesingkat mungkin mengirimkan pesan dan tanpa peduli dengan spasi.

Aku mempunyai seorang teman, dia seumuran dibawahku, tapi aku kagum dengan perkataannya, “kenapa sih orang nulis singkat-singkat banget bahkan ngikutin tulisan anak jaman sekarang yang “alay”, kan kasihan orang tua kita yang gak ngerti bacanya dan guru Bahasa Indonesia yang sudah mengajari kita”.

Dengan kebiasaanku ini, ternyata memberi kebaikan buat diri sendiri. Terutama dalam urusan pekerjaan. Bahkan secara tidak langsung bermanfaat juga buat orang lain. Seperti teman-temanku, karena aku selalu cerewet mengomentari tulisan yang kurang rapih, sehingga mereka mulai memperhatikan kerapihan tulisannya dan itu membuatku senang karena bisa berbagi ilmu yang aku ketahui, sehingga bermanfaat buat mereka.

Iklan
Categories: aku | Tag: , , | 6 Komentar

Navigasi pos

6 thoughts on “Tulisan

  1. yupzz..dengan menulis & membaca sedikit demi sedikit kita pun menjadi paham akan arti dari tulisan dan bisa mengenal mana tulisan yang baik dan benar..setidak nya menulislah walau hanya satu kalimat dengan ejaan yang baik dan benar serta layak dibaca..itu menurut sebagian banyak orang yang memahami arti dari sebuah tulisan

    salam hangat

  2. kalau masalah tulisan menurut ane itu relatif pada si penulis.
    – ada berfikiran asal tulisannya bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain : pembahasannya sedikit lebay dan alay “no problem”
    – ada juga yang tulisannya kerang begitu bermanfaat namun pembahasannya sangalah bagus dan baku.
    nah disini terserah ente mau pilih gaya bahasa penulisan yang seperti apa 😀
    kalaupun dua-duanya : is good 😀

  3. ah kalau aku ma gak peduli mo tulisanku kacau mau bagus, gak peduli, yang penting ngeblog jalan terus.. hohoho.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: